Rabu, 06 September 2017

MENJELAJAH DUNIA PUSTAKA



TUGAS MATA KULIAH KOMPOSISI BAHASA INDONESIA
“MENJELAJAH DUNIA PUSTAKA”
Dosen Pengampu:
Dr.H.Budhi Setiawan
Description: Description: G:\LOGO-UNS-300x300.jpg











TIM PENYUSUN :
                                               1. Bima Rasyid Fawzi              (D0315013)
                                               2. Febby Ayu Wibowo             (D0315027)
                                               3. Muhamad Jamil Rizaldi        (D0315043)
                                               4. Nadya Tamara D                  (D0315045)
                                               5. Puput Adistya Pratiwi          (D0315049)
                                               6. Riska Pangesti P.U               (D0315053)
                                               7. Shinta Oktaviana                  (D0315055)

PROGRAM STUDI SOSIOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2015


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami sampaikan kehadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini kami membahas “Teks Ulasan dalam sebuah buku” yang membahas tentang apa itu tesk ulasan, bagaimana menyusun teks ulasan dan manfaat teks ulasan.
Makalah ini dibuat dalam  rangka memperdalam pemahaman  tentang tata cara mengulas buku yang benar yang sangat diperlukan agar kita mengetahui bagaimana tata cara, struktur dalam sebuah ulasan buku.
Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga ke depannya menjadi lebih baik.         


Surakarta, 9 Oktober 2015

     Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

1.1              LATAR BELAKANG
Di era modern ini dunia ilmu pengetahuan yang semakin luas dan maju, menuntut seseorang yang bergelut di dunia pendidikan harus mengetahui tata cara mengulas buku atau sebuah karya lainnya. Tetapi dalam pelaksanaannya masih minim pengetahuan tentang tata cara mengulas sebuah buku, masih sering ditemukan banyak kesalahan dalam mengulas buku atau karya. Fungsi mengulas sebuah buku dalam dunia pendidikan adalah untuk menambahkan kutipan dalam sebuah laporan, proposal, skripsi, tesis, disertasi atau tugas lainnya yang membutuhkan kutipan.
Selain dalam dunia pendidikan yang membutuhkan ulasan, juga diperlukan dalam mengulas buku yang baru saja diterbitkan. Fungsinya untuk menilai dan menimbang buku yang baru saja diterbitkan untuk mengetahui gambaran mengenai buku tersebut. Banyaknya buku-buku yang diterbitkan baik buku pelajaran, buku fiksi maupun buku non-fiksi. Fungsi ulasan dalam hal ini adalah untuk mengetahui isi buku secara ringkas mengenai isi, gaya bahasa, kualitas buku, kelemahan dan kelebihan buku untuk bisa membandingkan dengan buku lainnya. Gunanya agar calon pembeli buku mudah memilih buku mana yang akan dia pilih dan beli, selain itu berguna untuk penerbit dalam penjualan bukunya dan untuk penulisa bisa memperbaiki karya dalam terbitan berikutnya.
Mengingat pentingnya mengulas buku atau karya dalam berbagai bidang, maka makalah ini berisi tentang cara mengulas buku sesuai tata cara yang benar. Untuk membantu siapapun yang kesulitan dalam proses pembuatan ulasan sebuah buku ataupun karya.



1.2              RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apa pengertian teks ulasan?
2.      Apa saja struktur dalam sebuah teks ulasan?
3.      Apa manfaat membuat teks ulasan?
4.      Bagimana langkah membuat teks ulasan?

1.3              TUJUAN
1.      Pembaca dapat memahami apa itu arti teks ulasan.
2.      Pembaca dapat mengetahui dan memahami struktur dalam sebuah teks ulasan
3.      Pembaca dapat mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan dalam sebuah ulasan.
4.      Pembaca dapat mengetahu langkah-langkah membuat teks ulasan dan dapat mempraktikkannya.





BAB II
PEMBAHASAN
MENJELAJAH DUNIA PUSTAKA
A. Kegiatan 1 : Pengertian Teks Ulasan
Membangun Konteks Teks Ulasan Buku
Sebagai insan akademik, Anda tentu harus membaca karya-karya ilmiah, antara lain buku. Pada saat Anda membaca buku, Anda harus mencernanya dengan seksama agar Anda dapat memahami isinya. Di pihak lain, Anda perlu mengomunikasikan pemahaman Anda itu dalam berbagai bentuk untuk keperluan presentasi atau menulis, seperti proposal penelitian, laporan penelitian, artikel ilmiah, tugas akhir, atau skripsi.
 Bab Menjelajah Dunia Pustaka ini merupakan sarana pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang membantu Anda untuk memperoleh wawasan yang lebih luas, cara berpikir secara lebih kritis dan kreatif, serta keterampilan membaca dan menulis teks, khususnya ulasan buku, secara lebih memadai.
Teks ulasan juga disebut teks review. Ulasan pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks ulasan dapat disebut artikel ulasan. Ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut (Gerot & Wignell, 1994; Hyland & Diani, 2009). Dalam menulis teks ulasan buku tidak sekadar menguraikan isi buku yang diulas, tetapi Anda juga harus menjelaskan bagaimana buku tersebut dapat memenuhi tujuan atau fungsi sosialnya. Sebagai sebuah genre, teks ulasan buku berisi deskripsi dan evaluasi terhadap buku itu. Ulasan buku memaparkan tujuan buku ditulis, menguraikan strukturnya, menjelaskan gaya penulisannya, dan meletakkan isinya ke dalam konteks yang lebih luas dengan cara membandingkannya dengan buku-buku lain yang sejenis. Oleh karena itu, dalam membuat ulasan buku, Anda perlu menggabungkan kemahiran menguraikan isi buku, menganalisis bagaimana buku memenuhi tujuannya bagi pembaca, dan mengekspresikan reaksi Anda sendiri. Secara keseluruhan, proses menguraikan, menganalisis, dan mengekspresikan pandangan personal melalui teks ulasan ini dapat disebut mengevaluasi buku (Hyland & Diani, 2009). Kata kunci yang perlu Anda pegang ketika akan menulis ulasan buku adalah menilai atau mengevaluasi.



B. Kegiatan 2 : Struktur Teks Ulasan
Menelusuri dan Menganalisis Model Teks Ulasan Buku
Anda di harapkan untuk menelusuri kandungan genre mikro yang terdapat dalam masing-masing tahapan pada struktur teks itu dan menjelaskan fungsi retorisnya. Anda juga diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang pentingnya ulasan buku bagi kehidupan akademik Anda.
1.1 Struktur Teks dan Hubungan Genre pada Teks Ulasan Buku
Struktur teks Ulasan               Identitas, Orientasi, Tafsiran Isi, Evaluasi, Rangkuman.
Teks  ulasan dibuka dengan orientasi (orientation) yang mendiskripsikan buku yang diulas.Tafsiran isi ( Interpretative recount) yang memaparkan isi buku. Kemudian evaluasi (evaluation) yang menggambarkan penilaian.Dibagian akhir , teks ditutup dengan rangkuman evaluasi (evaluative summation) yang erupakan penegasan ulang terhadap hasil evaluasi.Genre adalah jenis teks. Genre didefinisikan luas dengan mengadopsi pendapat Martin, sebagai “proses social” yang berorientasi kepada tujuan yang dicapai secara bertahap.Genre merupakan proses social karena melalui genre atau teks anggota masyarakat berkomunikasi.Genre berorientasi kepada tujuan karena orang menggunakan jenis teks tertentu untuk melakukan sesuatu.
Genre dikatakan bertahap karena untuk mencapai tujuan nya,teks disusun dalam struktur yang mengandung tahapan-tahapan. Tahapan-tahapan itu tidak lain adalah tahapan-tahapanpada struktur teks.Melalui tahapan-tahapan itulah tujuan social atau fungsi social teks dapat dicapai.
Ulasan buku merupakan perwujudan dari proses social yang terjadi di lingkungan budaya, dan teks akademik disuse dengan struktur teks khusus melalui tahapan-tahapan tertentu untuk merealisasikan tujuan social-akademik teks tersebut.
Genre dibagi menjadi 2 yaitu : genre makro dan genre mikro.Genre makro adalah genre yang secara global menjadi nama jenis teks yang dimaksud,yang di dalamnya masih terdapa sejumlah subgenre yang disebut genre mikro. Beberapa contoh genre makro antara lain iklan,berita,editorial,artikel jurnal,brosur,ulasa buku (review),dan buku.Genre mikro adalah deskripsi,prosedur,rekon,narasi,eksplanasi,eksposisi,dan diskusi.
1.1.1        Identitas
Ulasan buku lazimnya diawali dengan memberikan informasi tetang identitas buku yang diulas.Identitas bersifat opsional pada struktur teks.Informasi penting di dalam buku biasanya berisi judul,penuis,penerbit,tahun penerbitan,hak cipta,jumlah halaman,bahasa yang digunakan,dan warna sampul buku. Semua informasi itu merupakan fakta-fakta penting mengenai identitas buku yang diulas.
Identitas pada ulasan buku berfungsi utuk memberikan deskripsi tentang wujud fisik buku itu beserta cirri-cirinya. Genre mikro yang digunakan untuk memaparkan identitas adalah deskripsi. Informasi mengenai identitas bersifat factual,artinya segala sesuatu yang disebutkan pada bagian ini merupakan fakta tentang identitas buku.Setiap buku memiliki identitas yang dapat dilihat pda sampul luar,halaman sampul dalam,dan halaman hak cipta.
1.1.2        Orientasi
Tahapan orientasi identik dengan pengantar kepada seluruh ulasan. Tahapan ini berfungsi untuk
1.      Menyampaikan informasi tentang buku apa yang diulas (dalam hal jenis dan aliran ilmu yang disajikan), siapa penulisnya (dalam hal jati dirinya),dan siapa pembaca yang dituju (dalam hal segmentasinya)
2.      Memposisikan buku yang diulas
3.      Menyatakan pendapat pengulas tentang buku itu.
Genre mikro yang digunakan untuk merealisasikan tahapan orietasi adalah deskripsi da eksposisi.Perlu dicatatat bahwa argumentasi tentang kebenaran pedapat tersebut belum disampaikan pada tahapan orientasi, tetapi diuraikan pada tahapan-tahapan berikutnya,terutama pada tahapan evaluasi.Argumentasi yang disajikan pada tahapan evaluasi adalah argumentasi dua sisi dalam diskusi.
Tahapan orientasi sejajar dengan tahapan rangkuman evaluasi. Pokok tertentu yang disampaikan pada tahapan orientasi ditegaskan kembali pada tahapan rangkuman evaluasi.Oleh sebab itu, dapat dimengerti apabila genre mikro yang digunakan pada tahapan itu sama
1.1.3 Tahapan Tafsiran Isi
Tahapan tafsiran isi memuat :
1.      Penceritaan ulang buku
2.      Isi atau ringkasan buku
3.      Perbandingan isi buku yang diulas
Teks ulasan buku tidak sama dengan ringkasan buku. Ringkasan hanya merupakan bagian kecil dari ulasan buku seluruhnya, dan hanya terletak di Tahapan Tafsiran Isi. Ringkasan harus menggambarkan keseluruhan isi buku yang diulas. Oleh sebab itu, pembuat ulasan harus memiliki keterampilan membaca kritis, mencerna dan mengungkapkan kembali materi yang dibaca itu tanpa mengubah isinya.
Genre mikro utama yang digunakan untuk mengungkapkan Tahapan Tafsiran Isi adalah deskripsi dan rekon. Deskripsi digunakan untuk memaparkan hal-hal yang terkait dengan isi materi, ciri-ciri, keadaan, kualitas dan sifat-sifat lain yang dimiliki oleh buku yng diulas itu. Rekon digunakan untuk menceritakan kembali kegiatan yang dilakukan penulis buku pada saat menulis buku tersebut. Misalnya untuk memperkuat kebenaran isi bukunya, penulis terlebih dahulu mencari data-data empiris yang diperlukan melalui penilitian.
1.1.4 Evaluasi
            Tahapan evaluasi berfungsi untuk menilai karya yang diulas. Asek-aspek yang dinilai meliputi :
1.      Kedalaman isi buku.
2.      Tata organisasi gagasan yang tergambar pada penataan bab.
3.      Gaya penulisan yang terungkap.
4.      Keunggulan-keunggulan dan kelemahan-kelemahan buku itu.
Dasar penilaian dikembangkan dari empat aspek tersebut. Dari aspek kedalaman isi dapat dinilai :
1.      Apakah buku itu dapat memenuhi tujuan sosialnya sebagaiman disebutkan di bagian Kata Pengantar atau Pendahuuan.
2.      Apakah buku itu dapat memenuhi kebutuhan target pembaca yang dituju.

Dari aspek tata organisasi gagasan dapat dinilai :
1.      Apakah bab-bab pada buku itu disusun secara berimbang.
2.      Apakah trdapat kesesuaian hubungan antarbab.
Dari aspek gaya penulisan dapat dinilai dapat dinilai :
1.      Apakah buku itu dinilai dari penulisan bahasa akademik dan baku.
2.      Apakah buku itu ditulis dengan bahasa bahasa yang mudah dipahami.
Dari aspek keunggulan dan kelemahan dapat dinilai :
1.      Apakah buku itu dapat memberikan sumbangan baik secara praktis maupun teoretis.
2.      Apakah buku itu dapat mengungguli buku lain yang sejenis.
Genre mikro yang digunakan pada Tahapan Evaluasi adalah diskusi. Jawaban dari pertanyaan diatas harus didukung dengan argumentasi yang kuat. Untuk mempertentang hal tersebut menggunakan genre diskusi. Formulasi bahasa yang digunakan untuk mempertentang kedua sudut pandang terlihat pada kosakata keunggulan dan kelemahan. Keunggulan dan kelemahan itu dipertentangkan dengan menggunakan penanda wacana akan tetapi.
Genre lain yang dapat digunakan bersamaan dengan diskusi adalah eksplanasi. Melalui eksplanasi berbagai sudut pandangan tersebut dapat dijelaskan dalam hal hubungan sebab-akibat atau hubungan logis yang timbul pada masing-masing aspek dan sudut pandang peniaian tersebut.
1.1.5    Rangkuman Evaluasi
Tahapan Rangkuman Evaluasi berisi simpulan dan saran atas buku yang dibuat. Genre yang digunakan adalah deskripsi dan eksposisi. Pada bagian pertama, penulis teks ulasan memberi simpulan akhir mengenai buku dan pandangan subjektif berdasarkan pada Tahapan Orientasi, Tafsiran Isi dan Evaluasi yang sebelumnya. Simpulan yang dibuat merupakan penegasan kembali bahwa pendapat pengulas yang disampaikan di Tahap Orientasi. Pada bagian kedua, pengulas mengajukan saran tentang buku.
Genre yang digunakan adalah deskripsi dan eksposisi. Deskripsi digunakan untuk memaparkan simpulan itu, dan paparan simpulan tersebut sekaligus digunakan sebagai alat untuk menegaskan ulang kebenaran pendapat awal. Pada eksposisi, yang mengandung struktur teks pernyataan pendapat (tesis)^argumentasi^penegasan ulang pendapat (reiterasi), reiterasi tidak lain adalah Tahapan Penegasan Ulang Pendapat yang sudah dikemukakan di  Tahapan Pernyataan Tesis.
1.2       Simpulan tentang Struktur Teks dan Hubungan Genre pada Teks Ulasan Buku
Struktur Teks
Genre Mikro yang Diharapkan
Fungsi Retoris
·    Identitas
(Opsional)
·    Deskripsi
·    Menyajikan gambaran mengenai wujud dan ciri-ciri buku yang diulas.
·         Orientasi
·    Deskripsi (dan atau meliputi Eksposisi)
·    Menyampaikan informasi tentang jenis buku yang diulas.
·    Memposisikan buku yang diulas (beserta jati diri penulisnya dan sasaran pembacanya).
·    Menyampaikan pendapat pengulas tentang buku itu.
·         Tafsiran Isi
·    Deskripsi (dan atau meliputi Rekon)
·    Menyampaikan uraian mengenai ilmu apa yang diulas di buku itu, cocok tidaknya dengan pembaca yang dituju, dan adakah buku lain selain buku yang diulas tersebut.
·    Menceritakan hal yang dilakukan penulis saat ia menulis buku itu.
·    Menyajikan isi buku itu bab demi bab.
·         Evaluasi
·    Diskusi (dan atau meliputi Eksplanasi)
·    Menyampaikan penilaian terhadap buku yang diulas dalam berbagai hal dengan menunjukkan keunggulan dan kelemahannya, melalui perbandingan dengan buku sejenis.
·         Rangkuman Evaluasi
·  Deskripsi (dan atau meliputi Eksposisi)
·    Menyampaikan kembali apakah pendapat pengulas di atas benar adanya, dan buku itu memang dibutuhkan oleh pembaca yang dituju.

2. Menganalisis Aspek Penilaian, Formulasi Bahasa, dan Manfaat Teks Ulasan Buku
2.1       Menganalisis Aspek Penilaian
Struktur teks ulasan buku merupakan alat untuk mewadahi gagasan-gagasan yang disajikan mengenai buku itu. Ternyata gagasan dan struktur teks tidak dapat dipisahkan. Itulah sebabnya, setiap jenis teks mempunyai struktur teks baku sendiri-sendiri. Akan tetapi, untuk tujuan tertentu struktur teks dapat disederhanakan, tanpa meninggalkan tahapan-tahapan yang inti. Sebagai contoh, struktur teks ulasan buku dapat disederhanakan dengan menghilangkan Tahapan Identitas atau menyisipkannya ke dalam tahapan-tahapan yang lain. Dari sini, dapat dimengerti bahwa Tahapan Identitas pada ulasan buku bersifat opsional: boleh ada atau boleh tidak ada.
2.2 Menganalisis Formulasi Bahasa Evaluasi
Kali ini kita akan menganalisis formulasi bahasa pada Tahapan Evaluasi. Kenyataannya adalah bahwa unsur penilaian atau evaluasi dalam ulasan buku terletak pada Tahapan Evaluasi. Namun demikian, hal ini tidak berarti bahwa penilaian harus selalu berada di tahapan tersebut. Penilaian dapat muncul di tahapan - tahapan mana pun, kecuali Tahapan Identitas. Mengingant betapa pentingnya penilaian pada teks ulasan buku, perlu mempertanyakan formulasi bahasa yeng di gunakan dalam penilaian.
Menilai atau mengevaluasi adalah menyatakan pandangan, sikap, dan posisi terhadap sesuatu yang dinilai. Pandangan, sikap, dan penilai sulit didefinisikan secara berpisah- pisah. Ketiga hal itu meliputi gradiasi antara positif dan negatif, baik dan buruk, objektif dan subjektif, menghargai dan tidak menghargai, serta kadar emosi yang terungkap dalam teks ulasan. Pandangan, sikap dan posisi penilai yang menunjukan gradiasi itu terlihat terutama pada penggunaan leksis nomina, verba, adjektiva, dan adverbia (khususnya adverbia cara). Atau, pada tatanan kalimat, hal itu terlihat pada polaritas: kalimat positif atau kalimat negatif.




1.3 Menganalisis Manfaat Teks Ulasan Buku
Untuk keprluan presentasi atau menulis, seperti proposal penelitian, laporan penelitian, artikel ilmiah, tugas akhir atau skripsi, perlu memiliki kemahiran dalam membuat ulasan terhadap buku dan materi lain. Lebih khusus lagi, untuk mengungkap isi buku atau materi yang diulas harus mempunyai ketrampilan dalam meringkas. Telah dikatakan diatas bahwa dalam menulis sintesis atau gagasan, penulis proposal penelitian, artikel ilmiah, tugas akhir atau skripsi harus dapat meringkas satu buku atau satu karya menjadi beberapa kalimat saja. Dengan beberapa ringkasan buku atau karya, dapat membuat sintesis teori, dan sintesis teori itulah yang disajikan dalam bab Landasan Teori atau Tinjauan Pustaka pada proposal penelitian, laporan penelitian (dalam bentuk skripsi), dan artikel ilmiah yang harus di buat pada masa akhir studi.
Untuk dapat membuat sintesis teori, beberapa teori yang di peroleh dengan meringkas sejumlah sumber tadi dapat di banding-bandingkan dan di kritisi. Salah satu cara yang di tempuh  adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan sekaligus jawaban-jawaban yang memungkinkan. Pada akhirnya, dapat di uji apakah teori hasil sintesis itu dapat membantu memecahkan masalah yang di ajukan dalam skripsi. Poin inilah yang pasti menyadari bahwa membaca dan mengulas sumber pustaka merupakan ketrampilan yang di butuhkan.
C. Kegiatan 3 : Langkah Membuat Teks Ulasan
   Membangun Teks Ulasan Buku Secara Bersama-sama
            Di subbab ini Anda akan dapat membuat teks ulasan buku dengan dua cara. Pertama, Anda diminta untuk merekontruksi ulasan buku yang sudah ada. Caranya terlebih dahulu mengamati dan mengevaluasi teks ulasan buku, kemudian merekontruksi dengan bahasa sendiri. Merekontruksi artinya menyusun kembali. Untuk mencari buku yang diulas, dapat memanfaatkan perpustakan maupun berselancar di dunia maya. Agar mudah dalam bekerja, ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap subbab dibawah ini.
1.    Merekontruksi Teks Ulasan Buku
Ada tiga teks teks ulasan yang dijadikan bahan rekontruksi. Teks yang pertama teks ulasan terhadap buku hasil terjemahan dari bahasa inggris ke dalam bahasa Indonesia. Dua teks yang lain adalah ulasan terhadap buku bahasa yang ditulis dalam bahasa inggris. Melalui ulasan yang kedua dan ketiga, Anda dapat mempromosikan bahasa Indonesia agar menjadi bahasa internasional seperti bahasa inggris. Selain untuk mengungkapkan kebutuhan akademik melalui bahsa Indonesia sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia hendaknya dapat pula digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan akademik pada konteks internasional.

1.1 Merekontruksi Teks Ulasan Buku Terjemahan
Ulasan yang akan direkontruksi berjudul “Melacak Akar Terorisme”. Ulasan itu dibuat untuk menilai buku yang berjudul Melawan Negara Teroris: Dominasi Amerika Serikat terhadap Irak dan kedaulatan dunia (2005). Dalam membaca boleh memberikan tanda-tanda atau coretan tertentu paada bagian  yang di anggap penting.

1.2 Merekontruksi Teks Ulasan Buku Bahasa Inggris
Teks ulasan yang akan dihadapi berjudul “Filateli” dan “Resensi buku tentang variasi bahasa Inggris”. Ulasan yang pertama dibuat terhadap buku yang berjudul Japanese occupation stamps in Southeast Asia. Buku itu juga ditulis dalam bahasa JEpang. Ulasan yang kedua dibuat terhadap buku yang berjudul World Englishes: The study of new linguistic varieties. Dalam membaca boleh memberikan tanda-tanda atau coretan tertentu paada bagian  yang di anggap penting.
2. Membuat Teks Ulasan buku
Dalam mengulas buku harusnya bersifat jujur, berarti harus bersikap terbuka dalam menyampaikan kelebihan dan kekurangan buku. Sebagai pengulas sebuah karya juga mengemukakan bagian-bagian positif dan negatif, dalam mengulas sisi negatif juga disertai pemikiran untuk memecahkannya. Selain jujur, mengulas sebuah karya harus bernilai benar dan objektif. Langkah-langkah menghasilkan ulasan yang baik :
1. Mencari buku yang diulas
Untuk mempermudah membuat ulasan sebaiknya mencari buku yang menjadi minat sang pengulas
2. Membaca secara kritis
Baca lebih dahulu bagian-bagian yang ada termasuk bab pendahuluan, pada bab pendahuluan diuraikan logika dan arah penulisan buku tersebut,wilayah dan aliran ilmu serta tujuan atau pembaca yang ditargetkan.


3. Membuat ringkasan
Meringkas adalah menulis kembali buku yang dibaca dengan lebih singkat dengan mengungkapkan pokok-pokoknya saja,tetapi harus mencakup isi buku secara keseluruhan.
4. Menentukan kriteria penilaian
Kriteria berdasarkan cakupan isi buku yang diulas,kedalamannya,kualitasnya,gaya penulisannya, atau pokok-pokok yang menjadi perhatian khusus.
5. Mencari buku pembanding dan referensi untuk rujukan
Referensi diperlukan untuk mempertajam penilaian,agar penilaian seimbang dan tidak sepihak. Pembanding dapat diperoleh dari buku tau bahan yang lebih dahulu terbit.
6. Menulis ulasan yang dimaksud
Pengulas selalu berpegangan pada struktur teks dengan tahapan-tahapan yang menjadi kerangka teks. Nama tahapan tidak harus jadi judul ulasan tetapi esensi isi dan genre digunakan untuk merealisasikan tahapan.




DAFTAR PUSTAKA
Arifin Bustanul.2004.Formasi Strategi Makro Mikro Ekonomi Indonesia.Jakarta:Ghalia Indonesia
Sukirno Sadono.2005.Mikro Ekonomi Teori Pengantar.Jakarta:Raja Grafindo Persada
Koentjoroningrat.1990.Pengantar Ilmu Antropologi.Jakarta:Rineka Cipta


















1.      Penanya           : Dewi Saraswati
Pertanyaan      : Apa perbedaan evaluasi dengan ulasan buku?
Jawaban     : Evaluasi adalah bagian dari ulasan buku, ulasan buku terdiri dari identitas, orientasi, tafsiran isi, evaluasi, rangkuman evaluasi. Jadi tidak ada perbedaan antara evaluasi dengan ulasan buku karena evaluasi merupakan bagian dari ulasan yang berisi inti ulasan. Evaluasi menilai masalah kedalaman isi buku, tata organisasi gagasan, gaya penulisan, keunggulan dan kelemahan.
2.      Penanya           : Irfiade Zarkasyi Talathof
Pertanyaan      : Apa fungsi genre makro dan genre mikro ?
Jawaban          : Untuk mengetahiu teks tersebut termasuk jenis teks apa, misalnya teks deskripsi.
3.      Penanya           : Irfiade Zarkasyi Talathof
Pertanyaan      : Apa gambaran dan ciri-ciri tahap identitas?
Jawaban          : Identitas memiliki ciri dan gambaran berisikan judul, penulis, penerbit,tahun, tebal, bahasa, sampul

3 komentar: