TUGAS
MATA KULIAH KOMPOSISI BAHASA INDONESIA
“MENJELAJAH
DUNIA PUSTAKA”
Dosen
Pengampu:
Dr.H.Budhi
Setiawan

TIM
PENYUSUN :
1.
Bima Rasyid Fawzi (D0315013)
2.
Febby Ayu Wibowo (D0315027)
3.
Muhamad Jamil Rizaldi (D0315043)
4.
Nadya Tamara D (D0315045)
5.
Puput Adistya Pratiwi (D0315049)
6.
Riska Pangesti P.U (D0315053)
7.
Shinta Oktaviana (D0315055)
PROGRAM STUDI SOSIOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami sampaikan
kehadiran Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat
kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini kami membahas “Teks
Ulasan dalam sebuah buku” yang membahas tentang apa itu tesk ulasan, bagaimana
menyusun teks ulasan dan manfaat teks ulasan.
Makalah ini dibuat
dalam rangka memperdalam pemahaman tentang tata cara mengulas buku yang benar yang
sangat diperlukan agar kita mengetahui bagaimana tata cara, struktur dalam
sebuah ulasan buku.
Harapan
kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para
pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga
ke depannya menjadi lebih baik.
Surakarta,
9 Oktober 2015
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Di
era modern ini dunia ilmu pengetahuan yang semakin luas dan maju, menuntut
seseorang yang bergelut di dunia pendidikan harus mengetahui tata cara mengulas
buku atau sebuah karya lainnya. Tetapi dalam pelaksanaannya masih minim
pengetahuan tentang tata cara mengulas sebuah buku, masih sering ditemukan
banyak kesalahan dalam mengulas buku atau karya. Fungsi mengulas sebuah buku
dalam dunia pendidikan adalah untuk menambahkan kutipan dalam sebuah laporan,
proposal, skripsi, tesis, disertasi atau tugas lainnya yang membutuhkan
kutipan.
Selain
dalam dunia pendidikan yang membutuhkan ulasan, juga diperlukan dalam mengulas
buku yang baru saja diterbitkan. Fungsinya untuk menilai dan menimbang buku
yang baru saja diterbitkan untuk mengetahui gambaran mengenai buku tersebut.
Banyaknya buku-buku yang diterbitkan baik buku pelajaran, buku fiksi maupun
buku non-fiksi. Fungsi ulasan dalam hal ini adalah untuk mengetahui isi buku
secara ringkas mengenai isi, gaya bahasa, kualitas buku, kelemahan dan
kelebihan buku untuk bisa membandingkan dengan buku lainnya. Gunanya agar calon
pembeli buku mudah memilih buku mana yang akan dia pilih dan beli, selain itu
berguna untuk penerbit dalam penjualan bukunya dan untuk penulisa bisa
memperbaiki karya dalam terbitan berikutnya.
Mengingat
pentingnya mengulas buku atau karya dalam berbagai bidang, maka makalah ini
berisi tentang cara mengulas buku sesuai tata cara yang benar. Untuk membantu
siapapun yang kesulitan dalam proses pembuatan ulasan sebuah buku ataupun
karya.
1.2
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai
berikut :
1. Apa
pengertian teks ulasan?
2. Apa
saja struktur dalam sebuah teks ulasan?
3. Apa
manfaat membuat teks ulasan?
4. Bagimana
langkah membuat teks ulasan?
1.3
TUJUAN
1. Pembaca
dapat memahami apa itu arti teks ulasan.
2. Pembaca
dapat mengetahui dan memahami struktur dalam sebuah teks ulasan
3. Pembaca
dapat mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan dalam sebuah ulasan.
4. Pembaca
dapat mengetahu langkah-langkah membuat teks ulasan dan dapat mempraktikkannya.
BAB II
PEMBAHASAN
MENJELAJAH
DUNIA PUSTAKA
A. Kegiatan 1 :
Pengertian Teks Ulasan
Membangun Konteks Teks
Ulasan Buku
Sebagai insan akademik, Anda tentu harus membaca karya-karya ilmiah,
antara lain buku. Pada saat Anda membaca buku, Anda harus mencernanya dengan
seksama agar Anda dapat memahami isinya. Di pihak lain, Anda perlu
mengomunikasikan pemahaman Anda itu dalam berbagai bentuk untuk keperluan
presentasi atau menulis, seperti proposal penelitian, laporan penelitian,
artikel ilmiah, tugas akhir, atau skripsi.
Bab Menjelajah Dunia Pustaka ini merupakan
sarana pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang membantu Anda untuk
memperoleh wawasan yang lebih luas, cara berpikir secara lebih kritis dan
kreatif, serta keterampilan membaca dan menulis teks, khususnya ulasan buku,
secara lebih memadai.
Teks
ulasan juga disebut teks review. Ulasan pada umumnya ditulis dalam
bentuk artikel, sehingga teks ulasan dapat disebut artikel ulasan. Ulasan
merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik
terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut (Gerot & Wignell, 1994;
Hyland & Diani, 2009). Dalam menulis teks ulasan buku tidak sekadar
menguraikan isi buku yang diulas, tetapi Anda juga harus menjelaskan bagaimana
buku tersebut dapat memenuhi tujuan atau fungsi sosialnya. Sebagai sebuah
genre, teks ulasan buku berisi deskripsi dan evaluasi terhadap buku itu. Ulasan
buku memaparkan tujuan buku ditulis, menguraikan strukturnya, menjelaskan gaya
penulisannya, dan meletakkan isinya ke dalam konteks yang lebih luas dengan
cara membandingkannya dengan buku-buku lain yang sejenis. Oleh karena itu,
dalam membuat ulasan buku, Anda perlu menggabungkan kemahiran menguraikan isi
buku, menganalisis bagaimana buku memenuhi tujuannya bagi pembaca, dan mengekspresikan
reaksi Anda sendiri. Secara keseluruhan, proses menguraikan, menganalisis,
dan mengekspresikan pandangan personal melalui teks ulasan ini dapat disebut mengevaluasi
buku (Hyland & Diani, 2009). Kata kunci yang perlu Anda pegang ketika
akan menulis ulasan buku adalah menilai atau mengevaluasi.
B. Kegiatan 2 :
Struktur Teks Ulasan
Menelusuri dan
Menganalisis Model Teks Ulasan Buku
Anda
di harapkan untuk menelusuri kandungan genre mikro yang terdapat dalam
masing-masing tahapan pada struktur teks itu dan menjelaskan fungsi retorisnya.
Anda juga diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang pentingnya ulasan buku
bagi kehidupan akademik Anda.
1.1
Struktur Teks dan Hubungan Genre pada Teks Ulasan Buku

Teks ulasan dibuka dengan orientasi (orientation)
yang mendiskripsikan buku yang diulas.Tafsiran isi ( Interpretative recount)
yang memaparkan isi buku. Kemudian evaluasi (evaluation) yang menggambarkan
penilaian.Dibagian akhir , teks ditutup dengan rangkuman evaluasi (evaluative
summation) yang erupakan penegasan ulang terhadap hasil evaluasi.Genre adalah
jenis teks. Genre didefinisikan luas dengan mengadopsi pendapat Martin, sebagai
“proses social” yang berorientasi kepada tujuan yang dicapai secara
bertahap.Genre merupakan proses social karena melalui genre atau teks anggota
masyarakat berkomunikasi.Genre berorientasi kepada tujuan karena orang
menggunakan jenis teks tertentu untuk melakukan sesuatu.
Genre
dikatakan bertahap karena untuk mencapai tujuan nya,teks disusun dalam struktur
yang mengandung tahapan-tahapan. Tahapan-tahapan itu tidak lain adalah
tahapan-tahapanpada struktur teks.Melalui tahapan-tahapan itulah tujuan social
atau fungsi social teks dapat dicapai.
Ulasan
buku merupakan perwujudan dari proses social yang terjadi di lingkungan budaya,
dan teks akademik disuse dengan struktur teks khusus melalui tahapan-tahapan
tertentu untuk merealisasikan tujuan social-akademik teks tersebut.
Genre
dibagi menjadi 2 yaitu : genre makro dan genre mikro.Genre makro adalah genre
yang secara global menjadi nama jenis teks yang dimaksud,yang di dalamnya masih
terdapa sejumlah subgenre yang disebut genre mikro. Beberapa contoh genre makro
antara lain iklan,berita,editorial,artikel jurnal,brosur,ulasa buku
(review),dan buku.Genre mikro adalah
deskripsi,prosedur,rekon,narasi,eksplanasi,eksposisi,dan diskusi.
1.1.1
Identitas
Ulasan
buku lazimnya diawali dengan memberikan informasi tetang identitas buku yang
diulas.Identitas bersifat opsional pada struktur teks.Informasi penting di
dalam buku biasanya berisi judul,penuis,penerbit,tahun penerbitan,hak
cipta,jumlah halaman,bahasa yang digunakan,dan warna sampul buku. Semua
informasi itu merupakan fakta-fakta penting mengenai identitas buku yang
diulas.
Identitas
pada ulasan buku berfungsi utuk memberikan deskripsi tentang wujud fisik buku
itu beserta cirri-cirinya. Genre mikro yang digunakan untuk memaparkan
identitas adalah deskripsi. Informasi mengenai identitas bersifat factual,artinya
segala sesuatu yang disebutkan pada bagian ini merupakan fakta tentang
identitas buku.Setiap buku memiliki identitas yang dapat dilihat pda sampul
luar,halaman sampul dalam,dan halaman hak cipta.
1.1.2
Orientasi
Tahapan
orientasi identik dengan pengantar kepada seluruh ulasan. Tahapan ini berfungsi
untuk
1. Menyampaikan
informasi tentang buku apa yang diulas (dalam hal jenis dan aliran ilmu yang
disajikan), siapa penulisnya (dalam hal jati dirinya),dan siapa pembaca yang
dituju (dalam hal segmentasinya)
2. Memposisikan
buku yang diulas
3. Menyatakan
pendapat pengulas tentang buku itu.
Genre
mikro yang digunakan untuk merealisasikan tahapan orietasi adalah deskripsi da
eksposisi.Perlu dicatatat bahwa argumentasi tentang kebenaran pedapat tersebut
belum disampaikan pada tahapan orientasi, tetapi diuraikan pada tahapan-tahapan
berikutnya,terutama pada tahapan evaluasi.Argumentasi yang disajikan pada
tahapan evaluasi adalah argumentasi dua sisi dalam diskusi.
Tahapan
orientasi sejajar dengan tahapan rangkuman evaluasi. Pokok tertentu yang
disampaikan pada tahapan orientasi ditegaskan kembali pada tahapan rangkuman
evaluasi.Oleh sebab itu, dapat dimengerti apabila genre mikro yang digunakan
pada tahapan itu sama
1.1.3 Tahapan Tafsiran
Isi
Tahapan
tafsiran isi memuat :
1. Penceritaan
ulang buku
2. Isi
atau ringkasan buku
3. Perbandingan
isi buku yang diulas
Teks
ulasan buku tidak sama dengan ringkasan buku. Ringkasan hanya merupakan bagian
kecil dari ulasan buku seluruhnya, dan hanya terletak di Tahapan Tafsiran Isi. Ringkasan
harus menggambarkan keseluruhan isi buku yang diulas. Oleh sebab itu, pembuat
ulasan harus memiliki keterampilan membaca kritis, mencerna dan mengungkapkan
kembali materi yang dibaca itu tanpa mengubah isinya.
Genre
mikro utama yang digunakan untuk mengungkapkan Tahapan Tafsiran Isi adalah
deskripsi dan rekon. Deskripsi digunakan untuk memaparkan hal-hal yang terkait
dengan isi materi, ciri-ciri, keadaan, kualitas dan sifat-sifat lain yang
dimiliki oleh buku yng diulas itu. Rekon digunakan untuk menceritakan kembali
kegiatan yang dilakukan penulis buku pada saat menulis buku tersebut. Misalnya
untuk memperkuat kebenaran isi bukunya, penulis terlebih dahulu mencari
data-data empiris yang diperlukan melalui penilitian.
1.1.4 Evaluasi
Tahapan evaluasi berfungsi untuk
menilai karya yang diulas. Asek-aspek yang dinilai meliputi :
1. Kedalaman
isi buku.
2. Tata
organisasi gagasan yang tergambar pada penataan bab.
3. Gaya
penulisan yang terungkap.
4. Keunggulan-keunggulan
dan kelemahan-kelemahan buku itu.
Dasar
penilaian dikembangkan dari empat aspek tersebut. Dari aspek kedalaman isi
dapat dinilai :
1. Apakah
buku itu dapat memenuhi tujuan sosialnya sebagaiman disebutkan di bagian Kata
Pengantar atau Pendahuuan.
2. Apakah
buku itu dapat memenuhi kebutuhan target pembaca yang dituju.
Dari
aspek tata organisasi gagasan dapat dinilai :
1. Apakah
bab-bab pada buku itu disusun secara berimbang.
2. Apakah
trdapat kesesuaian hubungan antarbab.
Dari
aspek gaya penulisan dapat dinilai dapat dinilai :
1. Apakah
buku itu dinilai dari penulisan bahasa akademik dan baku.
2. Apakah
buku itu ditulis dengan bahasa bahasa yang mudah dipahami.
Dari
aspek keunggulan dan kelemahan dapat dinilai :
1. Apakah
buku itu dapat memberikan sumbangan baik secara praktis maupun teoretis.
2. Apakah
buku itu dapat mengungguli buku lain yang sejenis.
Genre
mikro yang digunakan pada Tahapan Evaluasi adalah diskusi. Jawaban dari
pertanyaan diatas harus didukung dengan argumentasi yang kuat. Untuk
mempertentang hal tersebut menggunakan genre diskusi. Formulasi bahasa yang
digunakan untuk mempertentang kedua sudut pandang terlihat pada kosakata
keunggulan dan kelemahan. Keunggulan dan kelemahan itu dipertentangkan dengan
menggunakan penanda wacana akan tetapi.
Genre
lain yang dapat digunakan bersamaan dengan diskusi adalah eksplanasi. Melalui
eksplanasi berbagai sudut pandangan tersebut dapat dijelaskan dalam hal
hubungan sebab-akibat atau hubungan logis yang timbul pada masing-masing aspek
dan sudut pandang peniaian tersebut.
1.1.5 Rangkuman Evaluasi
Tahapan
Rangkuman Evaluasi berisi simpulan dan saran atas buku yang dibuat. Genre yang
digunakan adalah deskripsi dan eksposisi. Pada bagian pertama, penulis teks
ulasan memberi simpulan akhir mengenai buku dan pandangan subjektif berdasarkan
pada Tahapan Orientasi, Tafsiran Isi dan Evaluasi yang sebelumnya. Simpulan
yang dibuat merupakan penegasan kembali bahwa pendapat pengulas yang
disampaikan di Tahap Orientasi. Pada bagian kedua, pengulas mengajukan saran
tentang buku.
Genre
yang digunakan adalah deskripsi dan eksposisi. Deskripsi digunakan untuk
memaparkan simpulan itu, dan paparan simpulan tersebut sekaligus digunakan
sebagai alat untuk menegaskan ulang kebenaran pendapat awal. Pada eksposisi,
yang mengandung struktur teks pernyataan
pendapat (tesis)^argumentasi^penegasan ulang pendapat (reiterasi),
reiterasi tidak lain adalah Tahapan Penegasan Ulang Pendapat yang sudah
dikemukakan di Tahapan Pernyataan Tesis.
1.2 Simpulan tentang Struktur Teks dan
Hubungan Genre pada Teks Ulasan Buku
Struktur Teks
|
Genre Mikro yang Diharapkan
|
Fungsi Retoris
|
· Identitas
(Opsional)
|
· Deskripsi
|
· Menyajikan
gambaran mengenai wujud dan ciri-ciri buku yang diulas.
|
·
Orientasi
|
· Deskripsi
(dan atau meliputi Eksposisi)
|
· Menyampaikan
informasi tentang jenis buku yang diulas.
· Memposisikan
buku yang diulas (beserta jati diri penulisnya dan sasaran pembacanya).
· Menyampaikan
pendapat pengulas tentang buku itu.
|
·
Tafsiran Isi
|
· Deskripsi
(dan atau meliputi Rekon)
|
· Menyampaikan
uraian mengenai ilmu apa yang diulas di buku itu, cocok tidaknya dengan
pembaca yang dituju, dan adakah buku lain selain buku yang diulas tersebut.
· Menceritakan
hal yang dilakukan penulis saat ia menulis buku itu.
· Menyajikan
isi buku itu bab demi bab.
|
·
Evaluasi
|
· Diskusi
(dan atau meliputi Eksplanasi)
|
· Menyampaikan
penilaian terhadap buku yang diulas dalam berbagai hal dengan menunjukkan
keunggulan dan kelemahannya, melalui perbandingan dengan buku sejenis.
|
·
Rangkuman Evaluasi
|
· Deskripsi
(dan atau meliputi Eksposisi)
|
· Menyampaikan
kembali apakah pendapat pengulas di atas benar adanya, dan buku itu memang
dibutuhkan oleh pembaca yang dituju.
|
2. Menganalisis Aspek
Penilaian, Formulasi Bahasa, dan Manfaat Teks Ulasan Buku
2.1 Menganalisis Aspek Penilaian
Struktur
teks ulasan buku merupakan alat untuk mewadahi gagasan-gagasan yang disajikan
mengenai buku itu. Ternyata gagasan dan struktur teks tidak dapat dipisahkan.
Itulah sebabnya, setiap jenis teks mempunyai struktur teks baku
sendiri-sendiri. Akan tetapi, untuk tujuan tertentu struktur teks dapat
disederhanakan, tanpa meninggalkan tahapan-tahapan yang inti. Sebagai contoh,
struktur teks ulasan buku dapat disederhanakan dengan menghilangkan Tahapan
Identitas atau menyisipkannya ke dalam tahapan-tahapan yang lain. Dari sini,
dapat dimengerti bahwa Tahapan Identitas pada ulasan buku bersifat opsional:
boleh ada atau boleh tidak ada.
2.2 Menganalisis
Formulasi Bahasa Evaluasi
Kali
ini kita akan menganalisis formulasi bahasa pada Tahapan Evaluasi. Kenyataannya
adalah bahwa unsur penilaian atau evaluasi dalam ulasan buku terletak pada
Tahapan Evaluasi. Namun demikian, hal ini tidak berarti bahwa penilaian harus
selalu berada di tahapan tersebut. Penilaian dapat muncul di tahapan - tahapan
mana pun, kecuali Tahapan Identitas. Mengingant betapa pentingnya penilaian
pada teks ulasan buku, perlu mempertanyakan formulasi bahasa yeng di gunakan
dalam penilaian.
Menilai
atau mengevaluasi adalah menyatakan pandangan, sikap, dan posisi terhadap
sesuatu yang dinilai. Pandangan, sikap, dan penilai sulit didefinisikan secara
berpisah- pisah. Ketiga hal itu meliputi gradiasi antara positif dan negatif,
baik dan buruk, objektif dan subjektif, menghargai dan tidak menghargai, serta
kadar emosi yang terungkap dalam teks ulasan. Pandangan, sikap dan posisi
penilai yang menunjukan gradiasi itu terlihat terutama pada penggunaan leksis
nomina, verba, adjektiva, dan adverbia (khususnya adverbia cara). Atau, pada
tatanan kalimat, hal itu terlihat pada polaritas: kalimat positif atau kalimat
negatif.
1.3 Menganalisis
Manfaat Teks Ulasan Buku
Untuk keprluan
presentasi atau menulis, seperti proposal penelitian, laporan penelitian,
artikel ilmiah, tugas akhir atau skripsi, perlu memiliki kemahiran dalam
membuat ulasan terhadap buku dan materi lain. Lebih khusus lagi, untuk
mengungkap isi buku atau materi yang diulas harus mempunyai ketrampilan dalam
meringkas. Telah dikatakan diatas bahwa dalam menulis sintesis atau gagasan,
penulis proposal penelitian, artikel ilmiah, tugas akhir atau skripsi harus
dapat meringkas satu buku atau satu karya menjadi beberapa kalimat saja. Dengan
beberapa ringkasan buku atau karya, dapat membuat sintesis teori, dan sintesis
teori itulah yang disajikan dalam bab Landasan Teori atau Tinjauan Pustaka pada
proposal penelitian, laporan penelitian (dalam bentuk skripsi), dan artikel
ilmiah yang harus di buat pada masa akhir studi.
Untuk dapat
membuat sintesis teori, beberapa teori yang di peroleh dengan meringkas
sejumlah sumber tadi dapat di banding-bandingkan dan di kritisi. Salah satu
cara yang di tempuh adalah mengajukan
pertanyaan-pertanyaan dan sekaligus jawaban-jawaban yang memungkinkan. Pada
akhirnya, dapat di uji apakah teori hasil sintesis itu dapat membantu
memecahkan masalah yang di ajukan dalam skripsi. Poin inilah yang pasti
menyadari bahwa membaca dan mengulas sumber pustaka merupakan ketrampilan yang
di butuhkan.
C. Kegiatan 3 : Langkah
Membuat Teks Ulasan
Membangun Teks Ulasan Buku Secara
Bersama-sama
Di subbab ini Anda akan dapat
membuat teks ulasan buku dengan dua cara. Pertama, Anda diminta untuk
merekontruksi ulasan buku yang sudah ada. Caranya terlebih dahulu mengamati dan
mengevaluasi teks ulasan buku, kemudian merekontruksi dengan bahasa sendiri.
Merekontruksi artinya menyusun kembali. Untuk mencari buku yang diulas, dapat
memanfaatkan perpustakan maupun berselancar di dunia maya. Agar mudah dalam
bekerja, ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap subbab dibawah ini.
1.
Merekontruksi
Teks Ulasan Buku
Ada tiga teks
teks ulasan yang dijadikan bahan rekontruksi. Teks yang pertama teks ulasan
terhadap buku hasil terjemahan dari bahasa inggris ke dalam bahasa Indonesia.
Dua teks yang lain adalah ulasan terhadap buku bahasa yang ditulis dalam bahasa
inggris. Melalui ulasan yang kedua dan ketiga, Anda dapat mempromosikan bahasa
Indonesia agar menjadi bahasa internasional seperti bahasa inggris. Selain
untuk mengungkapkan kebutuhan akademik melalui bahsa Indonesia sebagai bahasa
nasional, bahasa Indonesia hendaknya dapat pula digunakan untuk mengungkapkan
kebutuhan akademik pada konteks internasional.
1.1
Merekontruksi
Teks Ulasan Buku Terjemahan
Ulasan yang akan
direkontruksi berjudul “Melacak Akar Terorisme”. Ulasan itu dibuat untuk
menilai buku yang berjudul Melawan Negara Teroris: Dominasi Amerika Serikat
terhadap Irak dan kedaulatan dunia (2005). Dalam membaca boleh memberikan tanda-tanda
atau coretan tertentu paada bagian yang
di anggap penting.
1.2
Merekontruksi
Teks Ulasan Buku Bahasa Inggris
Teks ulasan yang
akan dihadapi berjudul “Filateli” dan “Resensi buku tentang variasi bahasa
Inggris”. Ulasan yang pertama dibuat terhadap buku yang berjudul Japanese
occupation stamps in Southeast Asia. Buku itu juga ditulis dalam bahasa JEpang.
Ulasan yang kedua dibuat terhadap buku yang berjudul World Englishes: The study
of new linguistic varieties. Dalam membaca boleh memberikan tanda-tanda atau
coretan tertentu paada bagian yang di
anggap penting.
2. Membuat Teks Ulasan
buku
Dalam
mengulas buku harusnya bersifat jujur, berarti harus bersikap terbuka dalam
menyampaikan kelebihan dan kekurangan buku. Sebagai pengulas sebuah karya juga mengemukakan
bagian-bagian positif dan negatif, dalam mengulas sisi negatif juga disertai
pemikiran untuk memecahkannya. Selain jujur, mengulas sebuah karya harus
bernilai benar dan objektif. Langkah-langkah menghasilkan ulasan yang baik :
1.
Mencari
buku yang diulas
Untuk
mempermudah membuat ulasan sebaiknya mencari buku yang menjadi minat sang
pengulas
2.
Membaca
secara kritis
Baca lebih dahulu
bagian-bagian yang ada termasuk bab pendahuluan, pada bab pendahuluan diuraikan
logika dan arah penulisan buku tersebut,wilayah dan aliran ilmu serta tujuan
atau pembaca yang ditargetkan.
3. Membuat ringkasan
Meringkas
adalah menulis kembali buku yang dibaca dengan lebih singkat dengan
mengungkapkan pokok-pokoknya saja,tetapi harus mencakup isi buku secara keseluruhan.
4.
Menentukan
kriteria penilaian
Kriteria
berdasarkan cakupan isi buku yang diulas,kedalamannya,kualitasnya,gaya
penulisannya, atau pokok-pokok yang menjadi perhatian khusus.
5.
Mencari
buku pembanding dan referensi untuk rujukan
Referensi
diperlukan untuk mempertajam penilaian,agar penilaian seimbang dan tidak
sepihak. Pembanding dapat diperoleh dari buku tau bahan yang lebih dahulu
terbit.
6.
Menulis
ulasan yang dimaksud
Pengulas selalu berpegangan pada
struktur teks dengan tahapan-tahapan yang menjadi kerangka teks. Nama tahapan
tidak harus jadi judul ulasan tetapi esensi isi dan genre digunakan untuk
merealisasikan tahapan.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin
Bustanul.2004.Formasi Strategi Makro
Mikro Ekonomi Indonesia.Jakarta:Ghalia Indonesia
Sukirno
Sadono.2005.Mikro Ekonomi Teori Pengantar.Jakarta:Raja
Grafindo Persada
Koentjoroningrat.1990.Pengantar Ilmu Antropologi.Jakarta:Rineka
Cipta
1. Penanya
: Dewi Saraswati
Pertanyaan :
Apa perbedaan evaluasi dengan ulasan buku?
Jawaban : Evaluasi adalah bagian dari ulasan buku,
ulasan buku terdiri dari identitas, orientasi, tafsiran isi, evaluasi,
rangkuman evaluasi. Jadi tidak ada perbedaan antara evaluasi dengan ulasan buku
karena evaluasi merupakan bagian dari ulasan yang berisi inti ulasan. Evaluasi
menilai masalah kedalaman isi buku, tata organisasi gagasan, gaya penulisan,
keunggulan dan kelemahan.
2. Penanya :
Irfiade Zarkasyi Talathof
Pertanyaan : Apa fungsi genre makro dan genre mikro ?
Jawaban : Untuk mengetahiu teks tersebut
termasuk jenis teks apa, misalnya teks deskripsi.
3. Penanya :
Irfiade Zarkasyi Talathof
Pertanyaan : Apa gambaran dan ciri-ciri tahap
identitas?
Jawaban : Identitas memiliki ciri dan gambaran
berisikan judul, penulis, penerbit,tahun, tebal, bahasa, sampul
Jadi lebih tahu ya tentang dunia perbukuan
BalasHapusSiip cetak buku
BalasHapusTerimah kasih sangat membantu sekali
BalasHapus